Selasa, 09 Oktober 2012

Tugas 5 "Multimedia"



     

A.      Pengertian multimedia
       Istilah multimedia muncul melalui media masa diawal 1990. Istilah ini dipakai untuk    menyatukan teknologi digital dan analog dibidang entertainment, publishing, communications, marketing, advertising, dan juga commerce.        

Multimedia berasal dari kata multi dan media. multi berarti banyak dan media berarti perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Chequita mengatakan pengertian multimedia menurut para ahli :
- kombinasi dari komputer dan video. { rosch,1996 } 
- kombinasi dari 3 elemen : suara,gambar, dan text { Mc.comick, 1996 }
- kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. media ini dapat berupa audio (suara,musik), animasi,video,teks,grafik,dan gambar. {turban dan kawan-kawan, 2002}
- Alat yang dapat meciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik,animasi,audio dan video. {robin dan linda, 2001}
- Multimedia dalam konteks komputer menurut hofstekter, 2001 adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabbungkan teks, grafik,audio,dan video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

kategori multimedia
Multimedia dapat didefinisikan menjadi dua kategori yaitu multimedia content production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut:
v  Multimedia content production
 Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio,  graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi.
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :

* Media Teks
* Media Audio
* Media Video
* Media Animasi
* Media Graph / Image
* Media Interactivity
* Media Special Effect

v  Multimedia communication
 Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan Internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaiment, news, education, dll.
o   TV
o   Radio
o   Film
o   Cetak
o   Musik
o   Game
o   Entertaiment
o   Tutorial
o   ICT (Internet)

Multimedia dapat digunakan dalam :
 ~ Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
~  Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat  mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
~ bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif

Dani mengatakan menurut riset computer technology research (CTR) :
·         Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
·         Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
·         Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
·         Orang mampu mengingat 70% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan. (De Porter)
multimedia mampu :

§  Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.
§  Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
§  Mengubah cara bisnis.
§  Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
§  Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
§  Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Multimedia juga mempunyai karakteristik, yaitu ada 2 bentuk:
o   Bentuk Linier: Sebuah stuktur Multimedia dimana pengguna bernafigasi sesuai urutan dari 1 frame atau bite informasi ke yang lainnya.
o   Bentuk non linier: Stuktur Multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas tidak dibatasi oleh rute yang ditentukan.
Dari karakteristik tersebut  diantaranya adalah :
v  Presentasi multimedia dapat meliputi non linier dan atau interaktif dan linier atau pasif.
v  Multimedia dapat memuat hubungan terstruktur yang disebut Hypermedia.
v  Mengembang Multimedia, membuat judul Multimedia dengan piranti Authoring.
 Proyek Multimedia ketika dipublikasikan disebut Judul Multimedia.
Ada beberapa istilah- istilah yang sering dipergunakan dalam Multimedia, yaitu:
o   Multimedia Interaktif yaitu Multimedia yang pengguna akhir atau USER dapat mengontrol apa dan dalam hal apa urutan elemen multimedia dikirimkan.
o   Programmer Multimedia yaitu orang yang mengintegrasikan elemen bentuk keseluruhan yang hakus menggunakan sebuah sisstem Authoring/bahasa pemrograman.
o   proyek Multimedia yaitu sarana perangkat lunak pesan dan isi yang dapat dipresentasikan pada sebuah layar komputer atau televisi. Atau juga bisa disebut dengan proses pembuatan Multimedia. 

B. Aplikasi multimedia 
Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-   elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.

Perkembangan bandwidth internet juga memberi dampak yang sangat baik bagi perkembangan aplikasi multimedia, sehingga aplikasi ini mulai digabungkan sebagai fasilitas penunjang dalam aplikasi berbasis web. Melalui aplikasi berbasis web, user dapat berinteraksi dalam mengakses serta melengkapi content/isi dari web tersebut. Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis. Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi baru ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.


Pada aplikasinya multimedia dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti :
Ø  Aplikasi pada bidang sumber daya manusia :
-          Dalam bidang sumber daya manusia, multimedia merupakan media pelatihan yang cukup baik dan menarik.
-          Dikenal dengan istilah computer based training (CBT) dan interent based training (IBT)
                      (Contoh : perusahaan AT&T)
-    Menjadi media rekrutmen pegawai.
Ø  Aplikasi dalam bidang bisnis : -Presentasi
ü  Pemasaran
ü  Periklanan
ü  Demo produk
ü  Catalog
Ø  Aplikasi dalam bidang pendidikan :      
-          Tutorial
-          Simulasi pelatihan
-          E-learning  
Ø  Aplikasi dalam bidang Hiburan :
§       Games
§       VOD : pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita,entertaiment,film,music, dll)   
§       Virtual reality : * Menggunakan elemen dasar multimedia seperti ; imagery,suara dan       animasi.
§       mengharuskan adanya umpan balik ( feedback ) dari user-multimedia interaktif.
Ø  Aplikasi dalam bidang produksi : - film, televisi, radio dan musik melibatkan peralatan multimedia.
o   Untuk membuat dan merekayasa suatu rancangan mobil, pesawat terbang dan bangunan.
o   Digunakan di pabrik untuk memonitor atau mengontrol proses produksi.
Ø  Aplikasi dalam bidang pelayanan keuangan :
·         keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman, dan perbankan.
·         smart money.com : (keuangan personal :pengelolaan pendidikan keuangan anak, manajemen hutang, perawatan kesehatan, perencanaan rumah, asuransi, pajak, investasi pernikahan dan perceraian, sampai masalah perencanaan pensiun, dll.) 
·         citi.com : ( perbankan : situs web multimedia terbaik versi yahoo )
Ø  Aplikasi sistem informasi akutansi  ( SIA ) : - Aplikasi dalam SIA , misalnya laporan akutansi yang ditampilkan meliputi komentar audio, penjelasan dan saran.
* Istilah documendia dibuat untuk menjelaskan dokumen yang mengkombinasikan berbagai media.
Ø  lokasi otomatisasi kantor : - workgroup computering : memungkinkan beberapa orang untuk memakai komputer yang sama pada saat yang sama pula. (para peserta dapat terus berdiskusi sambil melihat tampilan bersama yang mungkin meliputi rangkaian media lengkap, fotografi dan video bergerak).
~ desktop video conferencing : memungkinkan peserta melakukan konferensi video sambil duduk dimeja masing-masing. ( tingginya biaya transportasi dan lamanya waktu  diperjalanan, aplikasi ini menjadi pilihan ).
Ø  Aplikasi dalam bidang travel : travel (perjalanan) merupakan pokok bahasan multimedia yang umum karena makin banyak yang dapat kita tunjukkan pada pelanggan mengenai kemana mereka melakukan perjalanan, seperti apa akomodasinya dan apa saja yang bisa dilakukan setiba ditujuan, maka makin mungkin orang akan menikmati perjalanannya  dan suatu ketika ingin menikmati layanan kita lagi. 
Ø  Aplikasi dalam bidang real estate :
ü  Mengunjungi properti yang ditawarkan akan memakan banyak waktu, baik bagi broker maupun bagi pembeli.
ü  Multimedia memungkinkan pembeli mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya, melihat foto rumah on-screen, memeriksa perencanaan lantai, melihat peta jalan, dan mempelajari demografi sekeliling rumah.
ü  Realtor.com, ColdwellBanker.com
Ø  Aplikasi multimedia dalam bidang saham : 
*Day trading ialah pemanfaatan Internet untuk memantau saham, lalu dalam waktu cepat menjual atau   membelinya, tergantung dari bagaimana pasar berjalan.
              *SmartMoney, Forbes.
Ø  Aplikasi dalam bidang asuransi : 
-          InsWeb.com, contoh dari aplikasi multimedia pada bidang broker asuransi yang sangat baik.
-             Menyediakan fasilitas tutorial yang sangat baik.
-          Dapat membandingkan besarnya asuransi pada mobil, kesehatan, kepemilikan rumah, dan bentuk lainnya.
Ø  Aplikasi dalam bidang Retail dan Mal :
~ Retail Elektronik, penjualan langsung( bisnis ke konsumen) lewat toko atau mal Elektronik, dalam bentuk format katalog elektronik.
Ø  Aplikasi multimedia dalam bidang lelang : 
*eBay.com
*Manheim.com
Ø  Aplikasi multimedia dalam bidang kesehatan : 
o   Multimedia dapat mendukung pelayanan dan fasilitas sistem kesehatan, ilmu kesehatan, kantor pendidikan medis, perpustakaan ilmu kesehatan dan fotografi medis.
Ø  Aplikasi multimedia dalam bidang keagamaan : 
§  Ceramah agama di televisi dan radio.
§  Quran digital dengan gambar dan suara.
§  Doa dengan gambar dan suara.
§  simulasi sholat dan whudu.
Okto mengatakan bahwa penerapan multimedia menurut vaughan (2004, P4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
v  bisnis : aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instan message dan komunikasi jaringan. tidak ketinggalan video conference yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan-perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
v  pendidikan : mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar - mengajat tidak terlalu monoton seperti selama ini yang dilakukan disekolah-sekolah pada umumnya. contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan  membaca pada anak-anak. aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi-animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat menbantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
v  rumah : aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. terdapat juga mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : sega, nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia. 
v  tempat umum : aplikasi multimedia di tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat dalam cakupan wilayah kios tersebut.
 

C. Elemen multimedia
Imanuel menatakan bahwa james A.senn membagikan elemen Multimedia terbagi dalam beberapa elemen diantaranya:
Ø  Teks ( teks )
Teks adalah salah satu elemen dari multimedia yang sangat membantu dalam memperjelas informasi untuk konsumen. Pada teks ini terdapat berbagai macam karakter yang disediakan dan pemakaianya tergantung dari iklan atau tema yang diangkat.
Ø  Gambar ( Image )
Gambar atau grafik merupakan bagian yang penting dalam dunia multimedia. Sebab sebuah gambar dapat menggambarkan ribuan kata-kata. Dengan sebuah gambar, pesan-pesan dapat kita ungkapkan dengan lebih indah dan mudah.
Ø  Suara (Audio)
Beberapa tahun yang lalu pemakai PC sudah cukup puas dengan PC speaker yang hanya mengeluarkan nada tertentu pada suatu saat. Dalam teknologi multimedia, suara mempunyai peranan yang cukup tinggi bila kita tinjau dari visi utama informasi multimedia yaitu memanfaatkan segala indera manusia terutama mata dan telinga.
Ø  Video
Video merupakan gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu. Gambar-gambar yang digabung tersebut dinamakan frame dan kecepatan pembacaan gambar disebut dengan frame rate, dengan satuan fps (frame per second). Karena dimainkan dalam kecepatan yang tinggi maka tercipta ilusi gerak yang halus, semakin besar nilai frame rate maka akan semakin halus pergerakan yang ditampilkan.
Ø  Animasi (Animation)
Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah - olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film - film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak.Penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu. 


Referensi
ü  [Arry,2012] arry, akbar “karakteristik multimedia”http://bisa-edu.blogspot.com/2012/03/karakteritik-multimedia.html di unduh pada tanggal 06-10-2012, pukul 16.33
ü  [chipr,2012] chequita,chiproet "pengantar multimedia"http://archigakiarataka.blogspot.com/2012/05/pengantar-multimedia-pengertian.html di unduh pada tanggal 06-10-2012, pukul 16.08
ü  [Dani,2010] dani "wtimologi multimedia" http://blog-dani.com/artikel/etimologi-multimedia.html di unduh pada tanggal 06-10-2012, pukul 16.11
ü  [janiansyah,2009] janiansyah "pengertian multimedia" http://janiansyah.wordpress.com/2009/05/15/pngertian -multimedia di unduh pada tanggal 06-10-2012, pukul 16.00
ü  [siman, 2012] simanullang okto duapan ''aplikasi multimedia" http://okto-sumberdayaalam.okto.blogspot.com/2012/04/aplikasi multimedia.html, di unduh pada tanggal 06-10-2012, pukul 22.16
ü  [anuel,2011] imanuel, victor “ 5 elemen multimedia” http://victz26.blogspot.com/2011/05/5-elemen-multimedia.html di akses pada tanggal 09-10-2012, pukul 19.00








      



Tidak ada komentar:

Posting Komentar