A.
Pengertian multimedia
Istilah
multimedia muncul melalui media masa diawal 1990. Istilah ini dipakai untuk menyatukan teknologi digital dan analog
dibidang entertainment, publishing, communications, marketing, advertising, dan
juga commerce.
Multimedia berasal dari kata multi dan media. multi berarti banyak dan media berarti perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Chequita mengatakan pengertian multimedia menurut para ahli :
- kombinasi dari komputer dan video. { rosch,1996 }
- kombinasi dari 3 elemen : suara,gambar, dan text { Mc.comick, 1996 }
- kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. media ini dapat berupa audio (suara,musik), animasi,video,teks,grafik,dan gambar. {turban dan kawan-kawan, 2002}
- Alat yang dapat meciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik,animasi,audio dan video. {robin dan linda, 2001}
- Multimedia dalam konteks komputer menurut hofstekter, 2001 adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabbungkan teks, grafik,audio,dan video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
kategori multimedia
Multimedia dapat didefinisikan menjadi dua kategori yaitu multimedia content production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut:
v
Multimedia
content production
Multimedia adalah penggunaan dan
pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and
interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan
produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll) Atau penggunaan
sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media
(text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang
baru untuk tujuan komunikasi.Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
* Media Teks
* Media Audio
* Media Video
* Media Animasi
* Media Graph / Image
* Media Interactivity
* Media Special Effect
v
Multimedia
communication
Multimedia adalah menggunakan media
(masa), seperti televisi, radio, cetak, dan Internet, untuk
mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, publicity,
entertaiment, news, education, dll.
o
TV
o
Radio
o
Film
o
Cetak
o
Musik
o
Game
o
Entertaiment
o
Tutorial
o
ICT
(Internet)
Multimedia dapat digunakan dalam :
~ Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
~ Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
~ bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
Dani mengatakan menurut riset computer technology research (CTR) :
·
Orang mampu
mengingat 20% dari yang dilihat
·
Orang mampu
mengingat 30% dari yang didengar
·
Orang mampu
mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
·
Orang mampu
mengingat 70% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan. (De Porter)
multimedia mampu :
§
Mengubah
mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan
pekerjaanya tidak harus dari kantor.
§
Mengubah
cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan
internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
§
Mengubah
cara bisnis.
§
Mengubah
cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai
software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com,
menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak
lagi.
§
Mengubah
cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online,
menggunakan e-book.
§
Internet
Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Multimedia juga mempunyai karakteristik,
yaitu ada 2 bentuk:
o
Bentuk
Linier: Sebuah stuktur Multimedia dimana pengguna bernafigasi sesuai urutan
dari 1 frame atau bite informasi ke yang lainnya.
o
Bentuk non
linier: Stuktur Multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas tidak
dibatasi oleh rute yang ditentukan.
Dari karakteristik tersebut diantaranya adalah :
v
Presentasi
multimedia dapat meliputi non linier dan atau interaktif dan linier atau pasif.
v
Multimedia
dapat memuat hubungan terstruktur yang disebut Hypermedia.
v
Mengembang
Multimedia, membuat judul Multimedia dengan piranti Authoring.
Proyek
Multimedia ketika dipublikasikan disebut Judul Multimedia.Ada beberapa istilah- istilah yang sering dipergunakan dalam Multimedia, yaitu:
o
Multimedia
Interaktif yaitu Multimedia yang pengguna akhir atau USER dapat mengontrol apa
dan dalam hal apa urutan elemen multimedia dikirimkan.
o
Programmer
Multimedia yaitu orang yang mengintegrasikan elemen bentuk keseluruhan yang
hakus menggunakan sebuah sisstem Authoring/bahasa pemrograman.
o
proyek
Multimedia yaitu sarana perangkat lunak pesan dan isi yang dapat
dipresentasikan pada sebuah layar komputer atau televisi. Atau juga bisa
disebut dengan proses pembuatan Multimedia.
B. Aplikasi multimedia
Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen- elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.
Perkembangan bandwidth internet juga memberi dampak yang sangat baik bagi perkembangan aplikasi multimedia, sehingga aplikasi ini mulai digabungkan sebagai fasilitas penunjang dalam aplikasi berbasis web. Melalui aplikasi berbasis web, user dapat berinteraksi dalam mengakses serta melengkapi content/isi dari web tersebut. Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis. Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi baru ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
Pada aplikasinya multimedia dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti :
Ø
Aplikasi
pada bidang sumber daya manusia :
-
Dalam bidang
sumber daya manusia, multimedia merupakan media pelatihan yang cukup baik dan
menarik.
-
Dikenal
dengan istilah computer based training (CBT) dan interent based training (IBT)
(Contoh : perusahaan AT&T)
-
Menjadi
media rekrutmen pegawai.
Ø
Aplikasi
dalam bidang bisnis : -Presentasi
ü
Pemasaran
ü
Periklanan
ü
Demo produk
ü
Catalog
Ø
Aplikasi dalam
bidang pendidikan :
-
Tutorial
-
Simulasi
pelatihan
-
E-learning
Ø
Aplikasi
dalam bidang Hiburan :
§
Games
§
VOD :
pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen
berita,entertaiment,film,music, dll)
§
Virtual
reality : * Menggunakan elemen dasar multimedia seperti ; imagery,suara dan animasi.
§
mengharuskan
adanya umpan balik ( feedback ) dari user-multimedia interaktif.
Ø
Aplikasi
dalam bidang produksi : - film, televisi, radio dan musik melibatkan peralatan
multimedia.
o
Untuk
membuat dan merekayasa suatu rancangan mobil, pesawat terbang dan bangunan.
o
Digunakan di
pabrik untuk memonitor atau mengontrol proses produksi.
Ø
Aplikasi
dalam bidang pelayanan keuangan :
·
keuangan
personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman, dan perbankan.
·
smart
money.com : (keuangan personal :pengelolaan pendidikan keuangan anak, manajemen
hutang, perawatan kesehatan, perencanaan rumah, asuransi, pajak, investasi
pernikahan dan perceraian, sampai masalah perencanaan pensiun, dll.)
·
citi.com : (
perbankan : situs web multimedia terbaik versi yahoo )
Ø
Aplikasi
sistem informasi akutansi ( SIA ) : - Aplikasi dalam SIA , misalnya
laporan akutansi yang ditampilkan meliputi komentar audio, penjelasan dan
saran.
* Istilah
documendia dibuat untuk menjelaskan dokumen yang mengkombinasikan berbagai
media.
Ø
lokasi
otomatisasi kantor : - workgroup computering : memungkinkan beberapa orang
untuk memakai komputer yang sama pada saat yang sama pula. (para peserta dapat
terus berdiskusi sambil melihat tampilan bersama yang mungkin meliputi
rangkaian media lengkap, fotografi dan video bergerak).
~ desktop
video conferencing : memungkinkan peserta melakukan konferensi video sambil
duduk dimeja masing-masing. ( tingginya biaya transportasi dan lamanya
waktu diperjalanan, aplikasi ini menjadi pilihan ).
Ø
Aplikasi
dalam bidang travel : travel (perjalanan) merupakan pokok bahasan multimedia
yang umum karena makin banyak yang dapat kita tunjukkan pada pelanggan mengenai
kemana mereka melakukan perjalanan, seperti apa akomodasinya dan apa saja yang
bisa dilakukan setiba ditujuan, maka makin mungkin orang akan menikmati
perjalanannya dan suatu ketika ingin menikmati layanan kita lagi.
Ø
Aplikasi
dalam bidang real estate :
ü
Mengunjungi
properti yang ditawarkan akan memakan banyak waktu, baik bagi broker maupun
bagi pembeli.
ü
Multimedia memungkinkan
pembeli mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya, melihat foto rumah
on-screen, memeriksa perencanaan lantai, melihat peta jalan, dan mempelajari
demografi sekeliling rumah.
ü
Realtor.com,
ColdwellBanker.com
Ø
Aplikasi
multimedia dalam bidang saham :
*Day trading
ialah pemanfaatan Internet untuk memantau saham, lalu dalam waktu cepat menjual
atau membelinya, tergantung dari bagaimana pasar berjalan.
*SmartMoney, Forbes.
Ø
Aplikasi
dalam bidang asuransi :
-
InsWeb.com,
contoh dari aplikasi multimedia pada bidang broker asuransi yang sangat baik.
-
Menyediakan
fasilitas tutorial yang sangat baik.
-
Dapat
membandingkan besarnya asuransi pada mobil, kesehatan, kepemilikan rumah, dan
bentuk lainnya.
Ø
Aplikasi
dalam bidang Retail dan Mal :
~ Retail
Elektronik, penjualan langsung( bisnis ke konsumen) lewat toko atau mal
Elektronik, dalam bentuk format katalog elektronik.
Ø
Aplikasi
multimedia dalam bidang lelang :
*eBay.com
*Manheim.com
Ø
Aplikasi
multimedia dalam bidang kesehatan :
o
Multimedia
dapat mendukung pelayanan dan fasilitas sistem kesehatan, ilmu kesehatan,
kantor pendidikan medis, perpustakaan ilmu kesehatan dan fotografi medis.
Ø
Aplikasi
multimedia dalam bidang keagamaan :
§
Ceramah
agama di televisi dan radio.
§
Quran
digital dengan gambar dan suara.
§
Doa dengan
gambar dan suara.
§
simulasi
sholat dan whudu.
Okto mengatakan bahwa penerapan multimedia
menurut vaughan (2004, P4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
v
bisnis :
aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran,
periklanan, demo produk, database, catalog, instan message dan komunikasi
jaringan. tidak ketinggalan video conference yang memungkinkan adanya tatap
muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. dengan adanya aplikasi
multimedia inilah, perusahaan-perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih
lancar.
v
pendidikan :
mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan
interaktif, sehingga proses belajar - mengajat tidak terlalu monoton seperti
selama ini yang dilakukan disekolah-sekolah pada umumnya. contohnya seperti
aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak.
aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi-animasi yang tentunya menarik bagi
anak-anak sehingga dapat menbantu meningkatkan minat mereka dalam membaca
maupun belajar hal lainnya.
v
rumah :
aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. contohnya komputer yang
menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. terdapat juga
mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia,
seperti : sega, nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua
permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
v
tempat umum
: aplikasi multimedia di tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang
terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan
sebagainya. aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan
informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. misalnya
kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau
sarana hiburan yang terdapat dalam cakupan wilayah kios tersebut.
C. Elemen multimedia
Imanuel menatakan bahwa james A.senn membagikan elemen Multimedia terbagi dalam beberapa elemen diantaranya:
Ø Teks ( teks )
Teks adalah salah satu elemen dari multimedia
yang sangat membantu dalam memperjelas informasi untuk konsumen. Pada teks ini
terdapat berbagai macam karakter yang disediakan dan pemakaianya tergantung
dari iklan atau tema yang diangkat.
Ø
Gambar (
Image )
Gambar atau grafik merupakan bagian yang
penting dalam dunia multimedia. Sebab sebuah gambar dapat menggambarkan ribuan
kata-kata. Dengan sebuah gambar, pesan-pesan dapat kita ungkapkan dengan lebih
indah dan mudah.
Ø
Suara
(Audio)
Beberapa tahun yang lalu pemakai PC sudah
cukup puas dengan PC speaker yang hanya mengeluarkan nada tertentu pada suatu
saat. Dalam teknologi multimedia, suara mempunyai peranan yang cukup tinggi
bila kita tinjau dari visi utama informasi multimedia yaitu memanfaatkan segala
indera manusia terutama mata dan telinga.
Ø
Video
Video merupakan gabungan gambar-gambar mati
yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu.
Gambar-gambar yang digabung tersebut dinamakan frame dan kecepatan pembacaan
gambar disebut dengan frame rate, dengan satuan fps (frame per second). Karena
dimainkan dalam kecepatan yang tinggi maka tercipta ilusi gerak yang halus,
semakin besar nilai frame rate maka akan semakin halus pergerakan yang
ditampilkan.
Ø Animasi (Animation)
Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam
secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan
terlihat seolah - olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film -
film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan
menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak.Penggunaan animasi pada
komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat
dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar
satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan
tertentu. Referensi
ü
[Arry,2012]
arry, akbar “karakteristik multimedia”http://bisa-edu.blogspot.com/2012/03/karakteritik-multimedia.html di unduh pada tanggal 06-10-2012, pukul 16.33
ü
[chipr,2012] chequita,chiproet "pengantar
multimedia"http://archigakiarataka.blogspot.com/2012/05/pengantar-multimedia-pengertian.html
di unduh pada tanggal 06-10-2012, pukul 16.08
ü
[Dani,2010] dani "wtimologi
multimedia" http://blog-dani.com/artikel/etimologi-multimedia.html di
unduh pada tanggal 06-10-2012, pukul 16.11
ü [janiansyah,2009] janiansyah
"pengertian multimedia"
http://janiansyah.wordpress.com/2009/05/15/pngertian -multimedia di unduh pada
tanggal 06-10-2012, pukul 16.00
ü
[siman, 2012] simanullang okto duapan
''aplikasi multimedia" http://okto-sumberdayaalam.okto.blogspot.com/2012/04/aplikasi
multimedia.html, di unduh pada tanggal 06-10-2012, pukul 22.16
ü
[anuel,2011] imanuel, victor “ 5
elemen multimedia” http://victz26.blogspot.com/2011/05/5-elemen-multimedia.html di akses pada tanggal 09-10-2012, pukul 19.00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar