Sabtu, 06 Oktober 2012

TUGAS 5 "APLIKASI MULTIMEDIA"





 
Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-   elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.
Perkembangan bandwidth internet juga memberi dampak yang sangat baik bagi perkembangan aplikasi multimedia, sehingga aplikasi ini mulai digabungkan sebagai fasilitas penunjang dalam aplikasi berbasis web. Melalui aplikasi berbasis web, user dapat berinteraksi dalam mengakses serta melengkapi content/isi dari web tersebut. Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis. Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi baru ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

Pada aplikasinya multimedia dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti :
1. Aplikasi pada bidang sumber daya manusia :
 - Dalam bidang sumber daya manusia, multimedia merupakan media pelatihan yang cukup baik dan menarik.
- Dikenal dengan istilah computer based training (CBT) dan interent based training (IBT)
- (Contoh : perusahaan AT&T)
- Menjadi media rekrutmen pegawai.
2. Aplikasi dalam bidang bisnis : -Presentasi
     - Pemasaran
     - Periklanan
     - Demo produk
     - Catalog
3. Aplikasi dalam bidang pendidikan :       - Tutorial
                                                                - Simulasi pelatihan
                                                                - E-learning  
4.Aplikasi dalam bidang Hiburan : - Games
                     - VOD : pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server                     (dokumen berita,entertaiment,film,music, dll)   
                      - Virtual reality : * Menggunakan elemen dasar multimedia seperti ; imagery,suara dan animasi.
* mengharuskan adanya umpan balik ( feedback ) dari user-multimedia interaktif.
5. Aplikasi dalam bidang produksi : - film, televisi, radio dan musik melibatkan peralatan multimedia.
- Untuk membuat dan merekayasa suatu rancangan mobil, pesawat terbang dan bangunan.
- Digunakan di pabrik untuk memonitor atau mengontrol proses produksi.
6. Aplikasi dalam bidang pelayanan keuangan : - keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman, dan perbankan.
- smart money.com : (keuangan personal :pengelolaan pendidikan keuangan anak, manajemen hutang, perawatan kesehatan, perencanaan rumah, asuransi, pajak, investasi pernikahan dan perceraian, sampai masalah perencanaan pensiun, dll.) 
- citi.com : ( perbankan : situs web multimedia terbaik versi yahoo )
7. Aplikasi sistem informasi akutansi  ( SIA ) : - Aplikasi dalam SIA , misalnya laporan akutansi yang ditampilkan meliputi komentar audio, penjelasan dan saran.
- Istilah documendia dibuat untuk menjelaskan dokumen yang mengkombinasikan berbagai media.
8. Aplikasi otomatisasi kantor : - workgroup computering : memungkinkan beberapa orang untuk memakai komputer yang sama pada saat yang sama pula. (para peserta dapat terus berdiskusi sambil melihat tampilan bersama yang mungkin meliputi rangkaian media lengkap, fotografi dan video bergerak)
- desktop video conferencing : memungkinkan peserta melakukan konferensi video sambil duduk dimeja masing-masing. ( tingginya biaya transportasi dan lamanya waktu  diperjalanan, aplikasi ini menjadi pilihan )
9. Aplikasi dalam bidang travel : travel (perjalanan) merupakan pokok bahasan multimedia yang umum karena makin banyak yang dapat kita tunjukkan pada pelanggan mengenai kemana mereka melakukan perjalanan, seperti apa akomodasinya dan apa saja yang bisa dilakukan setiba ditujuan, maka makin mungkin orang akan menikmati perjalanannya  dan suatu ketika ingin menikmati layanan kita lagi. 
- travelocity.com,expedia.com
10. Aplikasi dalam bidang real estate :

-Mengunjungi properti yang ditawarkan akan memakan banyak waktu, baik bagi broker maupun bagi pembeli.
-Multimedia memungkinkan pembeli mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya, melihat foto rumah on-screen, memeriksa perencanaan lantai, melihat peta jalan, dan mempelajari demografi sekeliling rumah.
Realtor.com, ColdwellBanker.com
11. Aplikasi multimedia dalam bidang saham : 

- Day trading ialah pemanfaatan Internet untuk memantau saham, lalu dalam waktu cepat menjual atau   membelinya, tergantung dari bagaimana pasar berjalan.
SmartMoney, Forbes.
12. Aplikasi dalam bidang asuransi : 

- InsWeb.com, contoh dari aplikasi multimedia pada bidang broker asuransi yang sangat baik.
Menyediakan fasilitas tutorial yang sangat baik.
Dapat membandingkan besarnya asuransi pada mobil, kesehatan, kepemilikan rumah, dan bentuk lainnya.
13. Aplikasi dalam bidang Retail dan Mal :

- Retail Elektronik, penjualan langsung( bisnis ke konsumen) lewat toko atau mal Elektronik, dalam bentuk format katalog elektronik.
14. Aplikasi multimedia dalam bidang lelang : 

- eBay.com
- Manheim.com
15. Aplikasi multimedia dalam bidang kesehatan : 

- Multimedia dapat mendukung pelayanan dan fasilitas sistem kesehatan, ilmu kesehatan, kantor pendidikan medis, perpustakaan ilmu kesehatan dan fotografi medis.
16. Aplikasi multimedia dalam bidang keagamaan : 
- Ceramah agama di televisi dan radio.
- Quran digital dengan gambar dan suara.
- Doa dengan gambar dan suara.
- simulasi sholat dan whudu.
penerapan multimedia menurut vaughan (2004, P4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
1. bisnis : aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instan message dan komunikasi jaringan. tidak ketinggalan video conference yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan-perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
2. pendidikan : mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar - mengajat tidak terlalu monoton seperti selama ini yang dilakukan disekolah-sekolah pada umumnya. contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan  membaca pada anak-anak. aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi-animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat menbantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
3. rumah : aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. terdapat juga mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : sega, nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia. 
4. tempat umum : aplikasi multimedia di tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat dalam cakupan wilayah kios tersebut.
sumber
1. duapan simanullang okto ''aplikasi multimedia" http://okto-sumberdayaalam.okto.blogspot.com/2012/04/aplikasi multimedia.html, di unduh pada tanggal 06-10-2012, pukul 22.16
2. http://id.wikipedia.org/wiki/multimedia, di unduh pada tanggal 06-10-2012, pukul 22.20
3. http://teguh-prasetio.blogspot.com/2011/02/pengertian-dan-aplikasi-multimedia.html, di unduh pada tanggal 06-10-2012, pukul 22.28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar